Di Balik Nama Romben Guna

Dibalik Nama Romben Guna


“What’s in a name?” -William Shakespeare. 

            Ungkapan yang terdapat dalam novel Romeo and Juliet ini memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat di seluruh dunia. Mungkin ada beberapa orang yang menganggap kalau nama itu tak terlalu penting. Namun ada juga yang menganggap kalau nama merupakan sesuatu yang sakral dan wajib dihargai. Jika berbicara mengenai nama, orang-orang pasti akan bertanya perihal arti di balik nama yang diberikan tersebut. Seperti halnya nama orang, nama desa juga menyimpan sejarah panjang dari sang leluhur yang memberikan nama. Banyak sekali nama yang unik dan lucu, yang mana akan membuat sebagian orang tertawa bahkan bertanya-tanya mengenai sejarah dari nama desa pada suatu tempat.

            Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membahas mengenai sejarah salah satu desa di Kabupaten Sumenep, Madura. Desa tersebut bernama Romben Guna, sebuah desa yang terletak di pesisir pantai dan memiliki banyak pohon siwalan.

            Pernahkah mendengar nama Jokotole?


Beliau terkenal sebagai Pahlawan bagi penduduk Madura. Ternyata nama Desa Romben Guna merupakan pemberian dari pahlawan tersebut. Pada zaman dahulu, Jokotole tengah melakukan sebuah perjalanan panjang. Di tengah perjalanan, ia berhenti pada sebuah tempat yang penuh dengan sampah atau omben. Kemudian beliau memutuskan untuk berhenti di tempat tersebut bersama rombongannya. Disaat yang bersamaan ketika Jokotole tengah duduk-duduk diatas sampah tersebut, ia menemukan ide mengalahkan Raja Bali. Lalu ia memberitahu pada rombongannya bahwa ia  telah menemukan siasat mengalahkan Raja Bali saat duduk di atas omben tadi. Maka dari itu, Jokotole memberi nama Romben Guna pada desa itu karena menganggap sampah tadi sampah yang berguna. Romben dari kata omben, sedangkan guna karena omben tadi berguna.

Begitulah sejarah mengenai Desa Romben Guna. Seperti kata para ahli dari teori New Historicism bahwa sejarah bersifat subjektif, kita memang harus pandai-pandai dalam mempelajari sejarah. Terlepas dari semua itu, asal-usul desa yang telah diwariskan secara turun temurun oleh leluhur pada kita semua memang wajib untuk dihargai. Bagaimanapun juga, itu merupakan salah satu bentuk dari identitas suatu daerah yang tak bisa dilepaskan dari suatu tempat tersebut.
Di Balik Nama Romben Guna Di Balik Nama Romben Guna Reviewed by ach zamhari on 9:01 PM Rating: 5

No comments

Post AD