Romben Guna Carnial

                                                       Romben Guna Carnival in Memorial

Warga Desa Romben Guna
Rasaya memang kurang lengkap jika kegiatan Kuliah Kerja Nyata tidak ditutup dengan perlombaan-perlombaan. Begitupula kelompok KKN 51 yang mulai aktif melaksanakan beberapa cabang perlombaan dari tanggal 02 hingga 05 Agustus. Berikut sedikit uraian mengenai “Romben Guna Carnival”:          
   
a.     Lomba Mewarnai

Suasana Lomba Mewarnai, Selasa (02/08)
Lomba Mewarnai merupakan cabang lomba pertama yang sekaligus dijadikan sebagai pembuka Romben Guna Carnival. Lomba ini diikuti oleh para peserta cilik mulai dari umur 4 sampai 7 tahun, karena lomba ini diikuti oleh anak-anak TK dan SD, supaya lebih adil maka antara TK dan SD disendirikan. Jadi akan terdapat juara 1 dan 2 untuk masing-masing TK dan SD.

Jika berbicara mengenai anak kecil yang mengikuti lomba, yang terbayang memang sikap polos mereka yang menggemaskan. Hampir semua peserta yang mengikuti lomba tersebut, apalagi bagi mereka yang masih duduk dibangku TK memang terlihat sangat lucu dengan tingkah aneh masing-masing. Ada yang capek kemudian menangis, ada yang hanya diwarna setengah, banyak yang tak selesai karena melirik teman-teman yang lain, namun ada pula yang serius sehingga hasilnya paling bagus diantara yang lain.

b.    Lomba Lari Kelereng
Lomba lari kelereng memang menjadi salah satu lomba yang diminati banyak peserta meskipun pelaksanaannya pada siang hari.

c.     Lomba merangkai gelang tali
Lomba pembuatan Tali gelang yang diikuti oleh ibu-ibu Romben Guna(03/08)
Gelang tali  merupakan salah satu cabang lomba yang khusus untuk ibu-ibu di daerah Romban Guna. Lagipula pembuatan Gelang tali memang menajdi aktifitas sehari-sehari bagi para warga desa Romben Guna. 

d.    Lomba Bahasa Inggris

Lomba Bahasa Inggris yang diadakan pada RGC KKN 51 ini terjadi diadakan dua tahap. Tahap pert ama yaitu tes tulis, dimana peserta harus menerjemahkan teks perkenalan Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris. Sedangkan tahap yang kedua diadakan jum’at malam yaitu tes menghafal teks yang telah diterjemahkan di tahap pertama. kegiatan ini merupakan suatu output dari Program Kegiatan English Education, selama hamoir 3 minggu yang diisi kegiatan Bimbel disekolah ataupun di Balai. perlu diketahui juga bahwasannya SDN Romben Guna 1 tidak ada pelajaran Bahasa Inggris, maka dari itu kegiatan kami mengharapkan mampu membantu anak-anak yang tidak bisa berbahasa Inggris. sehingga pada pendidikan selanjutnya, anak-anak tidak merasa kebingungan.

e.    Lomba Balap Karung

Lomba balap karung anak-anak juga menjadi salah satu cabang lomba yang diminati banyak peserta. Anak-anak terlihat sangat berantusias dan gembira ketika mengikuti lomba ini.

f.      Lomba Tarik tambang anak kecil
Lomba ini merupakan lomba yang ketika pelaksanaannya memiliki sedikit kendala. Para peserta yang memang masih anak-anak sangat sulit untuk diatur karena pembagian kelompok tarik tambang dilakukan oleh panitia.

g.     Lomba Paku botol
Seperti halnya lomba lari kelereng dan balap karung, lomba paku botol juga menjadi salah satu favorit bagi anak-anak.

h.    Lomba tartil
Lomba tartil merupakan lomba yang paling sedikit diminati oleh anak-anak. Kebanyakan dari para santri dan santriwati memang tidak begitu berminat alias malu jika harus mengikuti lomba.

i.       Lomba tarik tambang dewasa
Ini dia satu-satunya lomba paling seru yang diminati oleh banyak peserta dan penonton. Saking ramainya, gemuruh penonton sampai terdengar keras hingga ke jarak jauh.


Suasana Lomba Tartil Qur'an yang diikuti oleh anak-anak Romben Guna, (05/08)
Tarik tambang dewasa yang diikuti bapak-bapak desa Romben Guna, (06/08)



















Romben Guna Carnial Romben Guna Carnial Reviewed by ach zamhari on 5:17 PM Rating: 5

No comments

Post AD