CERITA NELAYAN

Cerita kali ini, kami mengekspos tentang nasib nelayan dikala musim angin. Kami mengambil dari nelayan yang tak melaut karena cuaca buruk, karena melaut merupakan kebutuhan sehari – hari yang harus dipenuhi. Dengan melaut nelayan berharap bisa mendapat ikan untuk dijual sebagai pemenuhan kebutuhan hidup.
Seorang nelayan mempunyai kemauan yang tinggi untuk mengarungi laut di malam hari, mereka tak pernah takut akan kemungkinan yang terjadi. Besarnya ombak pun diterjang ketika kemauan berlayar tinggi, namun mereka lebih memilih untuk tidak mengambil resiko yang terjadi, makanya mereka lebih memilih tidak berlayar. Namun ketika tidak berlayar nelayan desa Romben Guna ini, memperbaiki jala, sampan, dan kapalnya.

Dalam keadaan tidak melaut mereka memilih mencari pekerjaan lain, seperti tukang angkut, ke ladang, dan kegiatan kemasyarakatan lainnya. Perlu diingat filosofi “abental ombak asapo angin” menjadi kental bagi kehidupan masyarakat madura, artinya berbantal ombak, beralaskan angin. Dari falsafah itulah kemanapun mereka pergi ke suatu tempat, mereka akan tetap menjadi masyarakat madura yang utuh.
CERITA NELAYAN CERITA NELAYAN Reviewed by mahyudin yahya on 8:23 AM Rating: 5

No comments

Post AD