Kehidupan Beragama di Romben Guna

Mengenai aspek kehidupan agama di Desa Romben Guna umumnya masyarakat menganut agama islam. Terbukti dengan banyak masjid dan musholla di setiap dusun. Untuk jumlah yang menganut agama selain islam menurut data yang ada tidaklah banyak, jarang terlihat aktifitas keagamaan selain islam di desa Romben Guna. Kegiatan keagamaan di desa Romben Guna  yang terbagi dari berbagai dusun umumnya sama, yaitu yasinan, tahlil, ziarah kubur dan penyambutan hari besar keagamaan. Kegiatan yasin dan tahlil yang umum ini tidak hanya dilingkungan masjid dan musholla desa bahkan sampai ada jadwal seperti jadwal arisan di setiap dusun pun ada yasin dan tahlil. Hampir seluruh kegiatan keagamaan di lingkungan desa Romben Guna  ini sama yang membedakan hanya format acaranya dan teknis pelaksanaannya saja yang berbeda antar warga setiap dusun di desa Romben Guna .
Mengenai kelembagaan keagamaan di desa Romben Guna  ini terbagi setiap masjid di setiap dusun nya seperti remaja masjid (REMAS) masjid-masjid yang ada di setiap dusun sudah terorganisir dengan baik. Pihak masyarakat dan pihak aparat desa bekerja sama dengan baik untuk melestarikan keguiatan keagamaan di desa ini.
Aktifitas pendidikan keagamaan di desa Romben Guna  ini sangatlah beragam mulai dari madrasah tingkat SD, SMP dan SMA. Kegiatan keagamaan melalui pendidikan sangatlah kental dengan pendidikan agama islam. Hampir di setiap kegiatan pendidikan di desa Romben Guna  ini berhubungan dengan pendidikan islam mulai dari mengaji fiqih, imla’ sampai dengan pelajaran kitab kuning. Selain itu juga ada kegiatan-kegiatan keagamaan yang bersifat kesenian  namun tetap dalam kaidah islam seperti sholawatan dengan menggunakan barjanji dan diba’iyah yang biasa dilakukan oleh anak-anak atau orang tua. Di beberapa dusun kesenian seperti ini rutin dilakukan dalam rangka memperingati hari besar islam ataupun hanya sekedar berlatih saja di hari minggu.


Kehidupan Beragama di Romben Guna Kehidupan Beragama di Romben Guna Reviewed by mahyudin yahya on 11:44 PM Rating: 5

No comments

Post AD