KERAJINAN DUNG DUNG POHON SIWALAN

Pohon siwalan merupakan tumbuhan palam yang tumbuh di sekitar daerah Asia yang dekat dengan pesisir pantai, memiliki tinggi sekitar lima belas sampai tiga puluh meter dan berdiameter setengah sampai satu setengah meter, mempunyai daun lebar menyerupai kipas dengan panjang tangkai sekitas satu meter yang tumbuh di ujung pohon seperti umbul – umbul. Adapun bunga tumbuh disekitar tongkol dan buah tumbuh disekitar tandan umumnya ada sepuluh sampai dua puluh buah siwalan, setiap buah berisi tiga biji siwalan yang dilindungi oleh kulit yang keras dan berwarna ungu kehitaman. 
Tumbuhan ini di desa romben guna biasa disebut tumbuhan trewung dan buahnya biasa disebut taal, adapun olahan air (nira) yang (disadap) dari pohon siwalan ini oleh warga sekitar disebut laang yang mana bisa langsung dijual sebagai minuman atau diolah lagi menjadi minuman berfermentasi (beralkohol) dan pengolahan lainnya menjadi gula aren (gula merah) . Terdapat produk kerajinan yang lain dari tumbuhan siwalan ini yaitu DUNG DUNG SIWALAN yang terbuat dari batang pohon kayu siwalan, yang mana dibuat suatu kerajinan dari batang pohon kayu yang mempunyai ukuran panjang yang bervariasi mulai dari satu meter setengah, dua meter dan dua meter setengah dan diameter menyesuaikan pohon siwalan itu sendiri.
Pembuatannya dengan cara pengupasan kulit batang pohon siwalan, dibersihkan dan di haluskan permukaannya menyesuaikan ukuran dan bentuk dari pohon siwalan yang di gunakan, ditengah-tengah diameter pohon siwalan, kerajianan dung-dung yang masih utuh dilubangi hingga ketebalannya mencapai sepuluh sampai lima belas sentimeter.
            Produk kerajinan dung – dung siwalan yang diproduksi didesa roben guna masih dalam tahapan proses produksi kerajinan setengah jadi yang diusahakan oleh masyarakat sekitar desa romben guna, lebih tepatnya di dusun Pabengkon. Lalu produk kerajinan setengah jadi ini langsung dikirim ke pulau bali untuk mendapatkan proses selanjutnya menjadi kerajinan yang sudah siap jadi. Dung dung siwalan sendiri merupakan suatu alat musik gendang yang ditabuh untuk mengeluarkan suara yang khas.

Jadi, banyak sekali potensi didesa romben guna yang belum bisa diolah secara maksimal dan di explore secara intensif. Hal ini menjadikan potensi desa menjadi menarik untuk bisa dikembangkan dalam meningkatkan potensi Sumber Daya Alam yang ada didesa romben guna khususnya dusun Pabengkon
KERAJINAN DUNG DUNG POHON SIWALAN KERAJINAN DUNG DUNG POHON SIWALAN Reviewed by mahyudin yahya on 8:46 AM Rating: 5

No comments

Post AD