Perekonomian di Desa Romben Guna

Desa Romben Guna merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Dungkek. Jumlah penduduk desa dengan sebanyak 3.836 jiwa ini, memiliki aneka ragam ketenagakerjaan untuk memenuhi kebutuhan mereka, yakni suatu kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi masyarakat Desa Romben Guna yang merupakan pendukung utama terhadap perkembangan perekonomian masyarakat dan menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kegiatan ekonomi yang berkembang di Desa Romben Guna dipengaruhi oleh kegiatan sosial keagamaan yang sebagian besar diikuti oleh unsur pemuda, tokoh agama, kaum perempuan dan lain-lain, serta dapat dijadikan wahana transfer pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan berkesinambungan, sehingga diharapkan dapat menjadi embrio bagi kelanjutan pembangunan Desa Romben Guna. Adapun sarana prasarana pendukung kegiatan ekonomi yang ada di Desa Romben Guna diantaranya: Koperasi Simpan Pinjam, pasar tradisional, Kelompok Simpan Pinjam, usaha tambak, usaha angkutan, Industri Rumah Tangga/Jahit/Meubel, Perdagangan/toko/kios/warung, kelompok tani, kelompok perikanan, usaha jasa service motor, dan mobil serta usaha jasa lainnya.
Dalam mendorong pergerakan perekonomian di Desa Romben Guna memiliki modal dasar yakni modal sumber daya manusia diantaranya:
1.      Adanya sarjanan/tamat perguruan tinggi sebanyak 26 jiwa
2.      Besarnya sumber daya perempuan usia produktif sebagai tenaga produktif dapat mendorong potensi industri rumah tangga
3.      Kemampuan bertani yang diturunkan oleh orang tua kepada anak cucu
4.      Kemampuanmembuat kerajinan Gula Siwalan
5.      Mata pencaharian penduduk yang beraneka ragam seperti: petani/pekebun, buruh tani, Pegawai Negeri Sipil, karyawan swasta, perdagangan, pedagang, pensiunan, transportasi, konstruksi, buruh harian lepas, guru, nelayan, dan wiraswasta.
            Adapun Potensi Sumber Daya Alam di Desa Romben Guna sebagian besar adalah wilayah pertanisan, perdagangan kecil dan industry kecil, permukiman penduduk, pertokoan, sekolahan. Semua ini merupakan potensi bagi Desa Romben Guna yang mengembangkan wilayah dan masyarakat ke arah kemajuan yang lebih berarti. Dari tata guna lahan yang ada paling dominan di Desa Romben Guna berupa pertanian dan industry rumah tangga.

            Desa Romben Guna adalah suatu daerah yang specifik karena perbandingan antara daratan dengan perairan adalah lebihb luas daerah daratannya. Daerah daratan hampir menguasai 85% dari luasan desa romben guna. Daerah perairan tersebut berupa lahan budidaya rumput laut rakyat dan sebagian besar adalah lahan industry gula siwalan. Dari lahan budidaya dan gula siwalan masyarakat tersebut sebagian besar hanya dimanfaatkan pada saat musim-musim tertentu. 
Perekonomian di Desa Romben Guna Perekonomian di Desa Romben Guna Reviewed by mahyudin yahya on 11:47 PM Rating: 5

No comments

Post AD