SELAYANG PANDANG DESA ROMBEN GUNA

Sejarah Desa Romben Guna
Pada awal terbentuknya Desa Romben guna, Kecamatan Dungkek terbukti dalam legenda cerita zaman Joko Tole yang berjalan tanpa lelah sampailah pada sebuah tempat yang penuh dengan sampah atau omben. Di tempat itu Joko Tole bersama rombongannya beristirahat sambil berpikir mencari cara bagaimana untuk mengalahkan musuhnya yaitu Raja Bali/Dempo Abang. Akhirnya Joko Tole menemukan ide siasat untuk mengalahkan Dempo Abang/ Raja Bali. Joko Tole berkata pada rombongannya bahwa ketika dia duduk di atas omben itu beliau mendapat petunjuk dan tata cara mengalahkan Raja Bali. Oleh karena itu ia berkata bahwa omben itu sangat berguna sehingga tempat itu diberi nama Romben Guna.

Sejarah Dusun di Desa Romben Guna
Pada zaman dahulu di tengah-tengah Desa Romben Guna ada sebuah gudang besar yaitu gudang jagung yang mana semua rakyat setiap kali panen jagung menyerahkan semua jagung ke gudang tersebut. Setelah semua menyerahkan, kemudian dibagikan kepada rakyat dengan bagian yang sama. Oleh karena lokasi gudang di tengah-tengah Desa Romben Guna maka tempat itu diberi nama Dusun Tengah.
Di selatan Dusun Tengah terdapat pantai di mana pada zaman dahulu semua nelayan dari berbagai dusun selalu singgah di pelabuhan atau pantai itu. Di karenakan tempat tersebut memiliki pelabuhan  atau babakol, maka diberi nama Dusun Babakol.
Di sebelah timur dusun tengah ada sebuah sumur yang selalu digunakan untuk mencuci buah pinang. Maka orang-orang sekitar menyebut tempat itu dengan Dusun Somor Penang.
Adapun nama Dusun Somor Anyar berawal dari kisah di suatu tempat letaknya di utara Dusun Somor Penang karena tidak ada sumur, maka masyarakat di tempat itu bergotong-royong membuat sumur. Di karenakan sumur itu masih baru maka orang-orang menyebut daerah tersebut Dusun Somor Anyar.
Di sebelah barat Dusun Somor Anyar ada sebuah pondok atau tempat peristirahatan orang Banuajuh yang selalu mencari kayu pinang. Di tempat itu mereka mendirikan rumah atau pondokan maka orang-orang sekitar pondokan maka orang-orang sekitar pondokan itu menyebut pabengkonna orang banuajuh, sehingga tempat tersebut diberi nama Dusun Pabengkon.

Narasumber: Bapak Mu’sir



Sejarah Pemerintahan Desa
Sejak zaman Belanda, Romben Guna dipimpin oleh kepala desa yang diantaranya:
1.      Dipa
Kepala desa zaman penjajahan Belanda sampai tahun 1905
2.      Ambun
Anak dari Dipa, juga menjabat pada masa penjajahan Belanda tahun 1905-1931
3.      Mojun
Anak dari Ambun, pada jaman penjajahan sampai awal kemerdekaan tahun 1931-1966
4.      Hasbullah
Anak dari Mojun, menjabat kepala desa selama 25 tahun (1966-1991) dengan dibantu oleh sekretaris desa yaitu Sumahra lalu diganti Muhni, dan diganti kembali oleh Abbas
5.      Drs. Ec. Muhdar Karsono
Merupakan cucu dari Hasbullah, menjabat kepala desa selama kurang lebih 17 tahun (1991-2007)
6.      Dewi Mustika, SE
Istri dari Drs. Ec. Muhdar Karsono, menjabat dari tahun 2007 hingga sekarang selama 2 periode.
Sebelum tahun 1966 tepatnya pemerintahan Mojun, struktur kepengurusan desa yaitu sebagai berikut:
1.      Carik
2.      Modin
3.      Ellid
4.      Apel
Setelah tahun 1991 tepatnya masa pemerintahan Drs. Ec. Mohdar Karsono pemerintahan desa berubah struktur organisasinya menjadi kepala desa dibantu oleh:
1.      Sekretaris desa
2.      5 Kepala dusun
3.      3 kaur dan 3 Kasi yaitu kaur umum, kaur keuangan, dan kaur perencanaan program, kasi pemerintahan, kasi kesra, dan kasi pembangunan
Perlengkapan lainnya yaitu Linmas, yang pada tahun 1950 masih bernama PKD (Penjaga Keamanan Desa), pada ahun 1957 diubah menjadi Limas.



Sejarah Pembangunan Desa
Pada masa kepemerintahan Dewi Mustika, SE. banyak program yang pembangunan mulai masuk desa di antaranya pengaspalan jalan Dusun Somor Anyar menuju Desa Bicabbi dengan volume 2,5 m x 860 m, Dusun Pabengkon menuju Desa Taman Sare dengan volume 338 m x 2,5 m, pengerasan jalan Dusun Pabengkon menuju Desa Taman Sare dengan volume 1480 m x 2,5 m, bantuan peralatan gula siwalan, peralatan pembuatan minyak kelapa, alat tangkap ikan tongkol bagi kelompok nelayan, bantuan untuk kelompok pengolah dan pemasaran ikan, jalan paving di Dusun Somor Anyar, saluran air Dusun Babakol, pembangunan Polindes di tahun 2010, Ponkesdes tahun 2013, tangkis laut dan tambat labu di Dusun Babakol dan Somor Penang, serta program Gerdu Taskin.



Kondisi Geografis Desa
Wilayah Desa Romben Guna secara geografis berada di 11338’BB-11340’ BT dan 78’ LU-76 LS. Dengan topografi wilayah Desa Romben guna berada pada ketinggian 0-25 m dari permukaan air laut, di mana kondisi daratan dengan kemiringan <3% sebanyak 131.87 Ha dan berombak dengan kemiringan 3.1-15% sebanyak 131.87 Ha.
Angka curah hujan rata-rata cukup rendah, sebesar 1.112,4 mm pertahun sebagaimana daerah lain di Indonesia, Desa Romben Guna beriklim tropis dengan tingkat kelembapan udara lebih kurang 65% dan suhu udara rata-rata 24-32C, serta curah hujan terendah pada bulan Juni sampai Oktober.
Iklim Desa Romben Guna sama dengan iklim keseluruhan Kabupaten Sumenep, yakni iklim tropis yang memiliki 2 musim yaitu musim hujan antara bulan November-April dan musim kemarau antara bulan April-Desember. Hamparan tanah Desa Romben Guna tergolong teratur, tidak berbukit dan dikelilingi perkebunan kelapa sehingga aman dari bencana, khususnya tanah longsor dan banjir.
Secara administrasi Desa Romben Guna terletak 3 km dari Ibu Kota Kecamatan Dungkek, kurang lebih 33 km dari Kabupaten Sumenep, dengan dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga di antaranya di sebelah utara berbatasan dengan Desa Taman Sare, sebelah timur berbatasan dengan Desa Bicabbi. Di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Madura, sementara sebelah barat berbatasan dengan Desa Romben Rana.
Adapun pembagian wilayah pemerintahan Desa Romben Guna terdiri atas 5 dusun dengan 21 RT yang meliputi:
a.       Dusun Tengah terdiri atas 4 RT
b.      Dusun Babakol terdiri dari 3  RT
c.       Dusun Somor Penang terdiri dari 2 RT
d.      Dusun Somor Anyar terdiri dari 4 RT
e.       Dusun Pabengkon terdiri atas 8 RT
Dengan rincian KK perdusun (survei Maret 2015) sebagai berikut:
a.       Dusun Tengah terdiri atas 295 KK
b.      Dusun Babakol terdiri dari 112 KK
c.       Dusun Somor Penang terdiri dari 104 KK
d.      Dusun Somor Anyar terdiri dari 304 KK
e.       Dusun Pabengkon terdiri atas 638 KK
Luas wilayah Desa Romben Guna sebesar 448,72 Ha. Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokkan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, kegiatan perekonomian, perkebunan siwalan dan kelapa, tanah untuk jalan, serta bangunan umum/pemukiman dengan luas 96,42 Ha. Untuk aktivitas kegiatan perekonomian masyarakat pada umumnya yaitu pertanian. Sedangkan peruntukan lahan untuk aktivitas ekonomi yang lain yaitu lahan pertanian 352,30 Ha.



Perekonomian Desa
Kegiatan sosial-ekonomi masyarakat Desa Romben Guna yang merupakan pendukung utama terhadap perkembangan perekonomian masyarakat dan menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Kegiatan ekonomi yang berkembang di Desa Romben Guna dipengaruhi oleh kegiatan sosial keagamaan yang sebagian besar diikuti oleh unsur pemuda, tokoh agama, kaum perempuan dan lain-lain dan dapat dijadikan wahana transfer pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan berkesinambungan, sehingga diharapkan dapat menjadi embrio bagi kelanjutan pembangunan Desa Romben Guna.



Kesehatan Masyarakat
Kesehatan sebagai tolak ukur utama terhadap keberhasilan pembangunan taraf hidup masyarakat Desa Romben Guna. Berdasarkan data yang ada di mana sarana prasarana kesehatan yang dimiliki oleh Desa Romben Guna terdiri atas 1 unit Gedung Ponkesdes, 1 unit Gedung Polindes, dan 5 unit posyandu dengan tenaga kesehatan yaitu 1 tenaga bidan, 1 tenaga perawat/medis yang dibantu oleh 25 kader kesehatan posyandu. Mengingat kondisi geografis dan mulai memahaminya masyarakat Desa Romben Guna terhadap aspek keshatan terutama yang berkaitan langsung dengan fisik mereka yang menyangkut kebersihan, dan minimnya fasilitas air bersih maka beberapa penyakit sering terjangkit di masyarakat dapat ditekan di antaranya: diare, demam berdarah, muntaber, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA)



SELAYANG PANDANG DESA ROMBEN GUNA SELAYANG PANDANG DESA ROMBEN GUNA Reviewed by mahyudin yahya on 12:17 AM Rating: 5

No comments

Post AD